Rabu, 08 Juli 2015

Kapan Seorang Makmum Membaca Surat Al-Fatihah?

tanya:
Ustadz yang dimuliakan Allah, ana mau tanya. Kapan seorang makmum membaca surat Al-Fatihah? Apakah berbarengan dengan Imam dengan suara sihr (pelan), ataukah sendiri-sendiri sesuka makmum? Dulu waktu di sekolah, ana diajarkan shalat bagi makmum untuk membaca surat Al-Fatihah ketika Imam membaca surat pilihan. Bagaimana tuntunan yang syar'i? Jazakallahu Khoyr.







jawab:
Yang lebih baik bagi makmum adalah membaca surat Al-Fatihah setelah Imam selesai membaca Al-Fatihah, agar dia bisa menyimak bacaan Al-Fatihah Imam.
Karena dari sisi hukum bacaan, membaca Al-Fatihah adalah wajib dan rukun shalat, sedangkan membaca surat lain setelah Al-Fatihah adalah sunnah (tidak wajib). 

Apabila makmum membaca Al-Fatihah ketika Imam juga sedang membaca Al-Fatihah, maka ia tidak bisa menyimak dengan seksama bacaan Imam. Ia hanya bisa menyimak bacaan surat lain setelah Al-Fatihah.

Maka disini Ulama menyatakan, menyimak bacaan Al-Fatihah Imam yang itu merupakan rukun shalat lebih utama daripada menyimak bacaan surat selain Al-Fatihah yang hukumnya hanya sunnah. Wallahu a'lam.
[Majmu' Fatawa wa Rosa-il Ibnu 'Utsaimin 13/91 fatwa no.473]





sumber: http://warisansalaf.com/2010/03/20/kapan-seorang-makmum-membaca-surat-al-fatihah/
copas Muslimah MMS